CJ Indonesia Teken MoU Program OVOP dengan UMKM | IVoox Indonesia

June 20, 2025

CJ Indonesia Teken MoU Program OVOP dengan UMKM

UMKM

IVOOX.id, Jakarta - CJ Indonesia membuktikan bentuk kontribusi sosialnya terhadap masyarakat melalui beberapa program kerjasama dengan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Salah satu bentuk kerja samanya adalah program OVOP yang melibatkan Kementerian Koperasi Usaha Kecil & Menengah (KUKM) serta KOTRA (Korea Trade Invesment Agency).

Melalui program OVOP ini CJ telah mendukung pengembangan produk lokal yang berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan para anggota koperasinya.

Melalui unit bisnis bakery and cafe yaitu Tous les Jours (TLJ), CJ turut serta membantu Koperasi Jatirogo di Yogyakarta sejak tahun 2015.

Gula kelapa sebagai produk khas dari koperasi tersebut digunakan sebagai pemanis pada roti yang dijual TLJ. Hingga Desember 2018, TLJ telah berhasil melakukan penjualan hingga mencapai Rp 7 miliar.

Pada Kamis, 27 Juni 2019 CJ Indonesia bekerja sama dengan KOTRA, KUKM, Koperasi Manunggal (kopi) dan KSU Guyub Santoso (cokelat) telah melakukan penandatangan kerja sama di CGV FX Mall, Jakarta Selatan.

Penandatanganan MOU tersebut dihadiri Deputi KUKM Victoria boru Simanungkalit, Duta Besar Korea Kim Chang Beom, Presiden Direktur CJ Indonesia Shin Hee Sung, Komisaris CJ Indonesia Bernard Kent Sondakh, Ketua Koperasi Tani Manunggal Sutarno, dan Ketua KSU Guyub Santoso Mustakim serta Direktur Perdagangan KOTRA Kim Byung Sam.

Dalam acara ini CJ Indonesia juga mengumumkan rencana induk jangka menengah dan panjang untuk program CSV yang hendak dijalankan. Terutama untuk bisnis B2B, CJ akan berkontribusi dalam kegiatan sosial dan fokus pada program pelestarian lingkungan.

Sedangkan untuk bisnis B2C, CJ akan terus memberikan manfaat dengan mengembangkan produk yang melibatkan para pelaku koperasi dan dapat berjalan secara berkelanjutan.

"Kami akan mendukung peningkatan kualitas kopi dengan melakukan perluasan saluran penjualan dan mendukung pengembangan produk berbasis cokelat dengan meningkatkan strategi pemasaran," ujar Presdir CJ Indonesia Shin Hee Sung dalam keterangan persenya, Jumat (28/6/2019).

0 comments

    Leave a Reply